Profil Kami

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Utara merupakan unsur pelaksana yang menangani urusan Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Utara. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah.

 

Dasar Hukum Pembentukan Dinas

1.    Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Derah

3.    Peraturan Gubernur Nomor 21 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara

4.    Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Utara.

- Pasal 1 ayat 10

  Dinas Daerah adalah Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara.

- Pasal 4 ayat 3 huruf i

  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tipe C, menyelenggarakan urusan 

  pemerintahan di bidang administrasi kepenudukan dan catatan sipil.

 

VISI

“Berpadu dalam Kemajemukan untuk Mewujudkan Kaltara 2020 yang Mandiri, Aman, dan Damai, dengan Didukung Pemerintahan yang Bersih dan Berwibawa”

 

MISI

1.    Mewujudkan Provinsi Kalimantan Utara yang Mandiri

2.    Mewujudkan Provinsi Kalimantan Utara yang Aman dan Damai

3.    Mewujudkan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara yang Bersih dan Berwibawa

TUGAS

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 21 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara Pasal 35, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.

 

FUNGSI

Berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 21 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara Pasal 36, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan fungsi:

1.    perumusan kebijakan teknis bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, sesuai dengan rencana strategis yang ditetapkan Pemerintah Daerah;

2.    perumusan, perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis di bidang fasilitasi pendaftaran penduduk;

3.    perumusan, perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis di bidang pencatatan sipil;

4.    perumusan, perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis di bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan;

5.    perumusan, perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis di bidang pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;

6.    perumusan, perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis di bidang inovasi pelayanan administrasi kependudukan;

7.    penyelenggaraan urusan kesekretariatan;